5 Fakta Mengejutkan Tentang Danau Galilea Yang Ada Di Israel

Danau Galilea Israel

Pernah mendengar tentang Danau Galilea? atau paling tidak pernah mendengar Danau Tiberias? Ya, Danau Galilea adalah danau yang berada di Kota Tiberias. Banyak yang mengira bahwa Danau Galilea atau yang bisa disebut juga dengan Danau Tiberias ini adalah laut, padahal kenyataannya bukan, ia hanya sebuah danau air tawar. Ada banyak hal menarik yang perlu diketahui terkait Danau Galilea ini, beberapa diantaranya yaitu:

1. Bentuknya Mirip Harpa
Jika dilihat dari ketinggian, akan tampak jelas bahwa bentuk Danau Galilea ini menyerupai sebuah alat musik petik bernama Harpa. Jika tidak percaya, kamu bisa datang langsung kesini dan membuktikannya sendiri. Sebagian layanan jasa tour & travel ada yang menjadikan Danau Galilea sebagai salah satu tujuan wisata pada paket wisata yang ditawarkan, seperti yang ada di INSIGHT Tour.

2. Memiliki Banyak Nama
Jangan heran jika ada orang yang menyebut Danau Galilea dengan sebutan nama lain seperti Danau Tiberias atau Danau Genesaret. Ya, danau ini memang banyak memiliki nama meski pada dasarnya danau yang dimaksud adalah sama.

3. Sering Dikaitkan Dengan Dajjal
Danau Tiberias menjadi salah satu tempat yang erat kaitannya dengan tanda-tanda kemunculan Dajjal. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist. Sejak isu kiamat senter terdengar, nama Danau Tiberias semakin sering disebut-sebut.

4. Kian Surut
Dari penelitian selama beberapa tahun terakhir, debit air di Danau Galilea semakin turun. Bahkan, dalam 5 tahun terakhir, kedalaman air di Danau Galilea mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal ini turut berdampak pada suplai kebutuhan air di Israel. Saking khawatirnya pemerintah Danau Galilea mengering, pihaknya sampai menghimbau masyarakat Israel untuk melakukan penghematan air.

5. Kisah Yesus Berjalan Di Atas Air
Tidak hanya penting bagi umat Yahudi, Danau Galilea ini juga dianggap menarik bagi umat Nasrani karena dipercaya di danau inilah Yesus pernah belajar berjalan di atas air ketika perahu yang dinaikinya mengalami terpaan badai.

Dulunya, Danau Galilea sangat indah karena airnya jernih dan pemandangan sekitar danau yang hijau. Kini, seiring berjalannya waktu, Danau Galilea kian surut dan kering pada beberapa bagian. Semoga saja, ulasan mengenai fakta tentang Danau Tiberias tadi bermanfaat untuk para pembaca. Salam!